Oleh: kendalisodo | 8 Maret 2009

Renungan Kerendahan Hati

Tamra blezynski• Salah satu kunci sukses dalam pergaulan adalah apabila seseorang memiliki sifat rendah hati (low profile), yang memang mudah untuk dikatakan namun tidaklah mudah dalam pelaksanaannya. Untuk memiliki sifat rendah hati, seseorang harus mampu mengurangi “aku (ego) “ nya, bersabar dan toleran terhadap apapun yang diperbuat oleh orang lain. Sehingga memancarkan simpati dan mudah tersenyum, yang akan membuat dia dapat di terima dalam pergaulan.

• Kerendahan hati, tegur supaya yang wajib dan ramah dan wajah yang tersenyum ramah, adalah kunci jaminan untuk di terima di lingkungan yang baru. Pandanglah lurus kemata lawan bicara, apabila sedang bersalaman atau berbicara dengan orang lain.

• Salah satu langkah dari pembinaan pribadi adalah “tidak mementingkan diri sendiri dan tau menempatkan diri”. Seseorang akan di hargai oleh orang lain, apabila dia mampu menahan diri untuk tidak angkuh, bersikap rendah hati dan ramah terhadap lingkungan dia berada. Sikap rendah hati, sopan dan ramah adalah “kunci untuk bisa diterima” disemua kalangan masyarakat.

• Bersedekah itu tidak harus menunggu hari raya saja; bersedekah setiap ada kesempatan dan kemapuan. Kita akan merasakan kebahagiaan tersendiri ; bila gemar bersedekah. Tahukah bahwa tidak setiap orang yang mau hidup melarat, namun keadaanlah yang memaksakan hal itu terjadi, yaitu; keserakahan dan kerakusan dari mereka yang berkuasa dan mereka yang cerdik dan licik tetapi tidak punya malu.

• Ingat! Tidak ada orang yang sempurna atau tau segala galahnya dalam hidup ini, bagaikan koin hanyalah memerlukan sebuah lagi untuk lengkap; seseorang itu adalah guru dari suatu bidang dan murid bidang lain, karena hidup kita ini adalah kelangsungan dari proses belajar. Jadilah pendengar dan pengamat yang baik dalam menghadapi liku-liku hidup ini. Seleksilah hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri. Selagi belajar dari orang lain, janganlah suka ikut-ikutan dengan orang lain karena apa yang cocok pada alam orang lain belum tentu cocok dengan alam kita. Ingatlah guru yang baik adalah selau seorang murid yang baik.

• Seseorang yang bersikap rendah hati memiliki tiga sifat baik yaitu:
1. Dia pemaaf karna dia mampu melupakan hal-hal buruk masa lalu.
2. Sabar dan ulet dalam menghadapi apapun tanpa berkeluh kesah.
3. Pasrah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh karna sadar bahwa alam yang menentukan hasilnya, baik itu adalah suatu keberhasilan maupun kegagalan.

• Sebelum melaksanakan sesuatu, kita harus meneliti apakah pikiran kita sudah harmonis dengan hati nuran kita. Dengan cara ini kita terhindar dari keragu-raguan. Ingatlah selalu bahwa kita tidak akan mampu melaksanakan semuanya sendiri, karena manusia itu ditakdirkan untuk bekerjasama dengan orang lain dalam mencapai sukses.

• Marilah kita introspeksi diri kita masin-masing, untuk tidak ikut-ikutan membenci orang lain, apabilah dengan dalih yang dicari-cari dan rekayasa. Kedamayan dan kasih sayang itu adalah paling indah dan menyenagkan, jangan lupa hal itu!!!

• Segala sesuatu yang tidak wajar itu tidak akan menghasilkan manfaat dan pasti akan mendapatkan malu dikemudian hari. Ingatlah bahwa siapapun yang mengandalkan nafsu ambisinya dengan cara yang kotor pasti harus membayar mahal dan akan dipermalukan dikemudian hari.

• Hanya dengan melepaskan diri dari nafsu, egois dan emosi serta berpikir jernih, kita akan mampu introspeksi dan melihat seluruh keadaan secara jelas dan benar. Melihat keluar itu tidak sebaik melihat diri sendiri. Mendengar keluar tidak sebaik mendengar diri sendiri. Itulah yang dinamakan introspeksi . Introspeksi itu memang tidak menyenagkan , tetapai harus dilakukan daripada terlanjur terpelosok dan sulit diperbaki.


Responses

  1. Aku juga akan berusaha untuk rendah diri

    By:
    Ex.catar.08
    Adit setiawan
    Jaban sendangrejo minggir sleman yogyakarta,
    08562896776
    taruna_tidar@yahoo.com

    Bca kisah perjuanganku masuk taruna akmil di:
    http://Www.smago2007.wordpress.com

  2. YA q jg kan berusah
    untuk jd yg terbaik dlm kebaikan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: