Oleh: kendalisodo | 13 Maret 2009

RENUNGAN KEBAHAGIAAN DAN KELUHURAN HATI

Zaskia Mecca• Upaya untuk selalu tersenyum, karena akan berpengaruh kedalam diri kita, berupa optimis dan suasana gembira. Orang yang selalu optimis pasti sehat, orang yang sehat pasti mampu berprestasi dan hidup enak. Karena imbalan dari prestasi kerja itu pasti ada, yaitu rezeki.

• Orang kaya yang egois dan serakah akan menjadi kikir, sehingga hidupnya jarang merasakan kebahagiaan. Cobalah tanpa pamrih untuk menjadi orang pemurah hati yang tulus menolong orang lain yang sedang sengsara dan memerlukan bantuan, maka rasa bahagia akan menyertai suasana hatimu setelah itu.

• Niat berbudi dan berbuat baik itu harus kita bina setiap didalam pribadi kita secara terus menerus. Rasa bahagia akan kita peroleh setelah melakukan perbuatan baik dengan penuh kasih sayang. Apabila seorang memiliki tujuan yang baik maka janganlah ragu untuk merealisasikannya, karena perbuatan baik kita akan menyuburkan kehidupan. Seperti tanaman yang disuburkan oleh rabuk dan pupuk buatan; demikian pula kehidupan di dunia ini harus di suburkan oleh perbuatan perbuatan yang baik.

• Pikiran yang selalu harmonis dengan hati nurani adalah kekuatan yang bisa kita arahkan untuk mencapai tujuan hidup. Asalkan yakin seyakin-yakinnya. Ingatlah selalu bahwa tidak ada satupun keberhasilan yang tidak dilandasi dengan keyakinanan yang kuat. Kebarhasilan kita adalah produk dari pikiran kita yang hakul yakin.

• Berbuatlah kebaikan sesuai kemapuan kita hari ini juga. Dengan berbuat baik sebenarnya kita sedang memperkaya iman kita. Cobalah renungkan secara jujur setelah berbuat kebaikan atau menyelesaikan tugas asecara tulus, pasti akan terasa suasana yang sejuk.

• Ciptakanlah selalu niat yang baik dan laksanakan dengan sungguh-sungguh, dengan demikian kita akan mendapatkan karunia rahmat berupa kebahagiaan hidup. Lambat atau cepat setiap orang pasti akan membutuhkan kebaikan orang lain, jadi semasa hidup kita bila mampu berbuat kebaikan, berbuatlah dengan ikhlas dan lupakan kebaikanmu sebagai pertanda ketulusan hati kita.

• Banyak orang gagal mencapai tujuannya, karena mereka hanya berniat saja dan kurang perhatian yang terfokus. Bila perhatian kita terfokus pada tujuan kita, maka pikiran kita akan memperoleh gambaran yang jelas tentatang jalan yang harus kita tempuh untuk mencapai dan mewujudkan tujuan kita.

• Rasa belas kasih itu mengandung simpati dan toleransi. Orang yang penuh belas kasihan adalah orang yang bersedia memberi maaf, memiliki kesabaran dan memiliki toleransi serta kasih sayang yang tulus. Beruntunglah seseorang dalam hidupnya, bila mana ia mampu memberi maaf kepada orang lain dan memiliki rasa simpait.

• Maafkanlah orang yang bersalah kepadamu, maka akan dating rasa lega dan gembira pada orang tersebut. Dengan mendendam terhadap orang yang berbuat salah terhadap diri kita, justru akan menyiksa diri sendiri dan itu berarti rugi dua kali. Jadi lupakan saja kesalahan orang dengan memaafkan dalam hati.

• Ternyata orang beragama saja tidak menjamin orang menjadi baik, apabila tanpa memiliki iman. Oleh karna itu marilah kita semua kehati nurani masing-masing, agar kita memiliki iman. Konsentrasikan pikiran kepada hal-hal yang indah dan menyenangkan saja, agar kita benar- benar menyenangkan.

• Hanya karena mengalami suatu kekecewaan saja lalu merusak diri ? Kalau orang yang cacat tubuh saja tetap optimis menyongsong hari depannya; mengapa kita yang bertubuh lengkap harus mencari pelarian dengan merusak diri ke NARKOBA atau minuman keras ?

• Kebahagian tidak bias dinilai dari besar kecilnya pemilikan harta kekayaan. Orang yang sederhana hidupnya namun berbagi kebaikan kepada orang lebih miskin adalah orang yang lebih mulia dan bahagia hidupnya dari pada orang kaya namun kikir.

• Dalam kelangsungan alam tidak ada saling memusnahkan. Kerakusan dan nafsu manusia itulah sebagai penyebab untuk saling memusnahkan dan bertentangan dengan kodrat alam.

• Jadi manusia yang telah meningkat derajatnya menjadi pemimpin, bila tidak mau terpeleset jatuh, janganlah sekali-kali bertentangan dengan kodrat alam dengan memangsa hak masyarakat atau patra bawahannya yang seharusnya dilindungi dan disejahterakan

• Adalah suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri apabila kita mampu sadar dan memperbaiki tindakan kita yang salah. Karena hidup kita itu hanyalah sekedar meminjam kenikmatan yang amat singkat dari alam ini. Lagi pula apa yang diambil dari alam dan disembunyikan itu belum tentu membawah berkah dan membahagiakan anak cucu, bahkan mungkin justru azab dan penderitaan yang berkepanjangan akan harus mereka tanggung.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: