Oleh: kendalisodo | 22 Maret 2009

RENUNGAN PENCAPAIAN SUKSES

lunamaya1.Sukses adalah masalah waktu karena alamlah yang menentukan datangnya sukses atau gagalnya ikhtiar manusia. Oleh karena itu untuk mencapai sukses, orang harus bersikap yakin , sabar dan rendah hati dengan memegang teguh tujuan dan rencana secara sungguh-sungguh. Apabila menemui kegagalan, seseorang tidak boleh putus harapan, karena kegagalan itu adalah suatu keberhasilan yang tertunada saja.

2.Tetaplah tenang dan tegar apabila sedang mengalami kemalangan dan cobaan. Selama tujuan yang telah ditentukan itu konstruktif bagi diri kita dan masyarakat, maka janganlah lari dari tujuan hidup yang telah kita tentukan . Karena setiap keberhasilan itu selalu melalui berbagai cobaan dan barang siapa yang tahan uji, sabar, tidak berkeluh kesah, serta ulet memegang teguh tujuannyaakan memperoleh sukses.

3.Orang yang mampu menguasai emosinya sendiri adalah “tujuan dari kehidapan”. Krn jelas orang itu memiliki kepekaan yang tinggi dan mampu mengambil keputusan yang benar, terhadap permasalahan yang dihadapinya. Orang yang emosional akan sulit mencapai suatu keputusan yang objektif, karena dia egosentris dan objektif.

4.Didunia ini tidak ada kekayaan dan kedudukan yang bertahan lama kecuali dibangun diatas kebenaran dan keadilan . Ingatlah bahwa kedudukan yang diperoleh melalaui jalan pintas dan kotor itu hanya bersifat sementara dan pasti tidak bisa dinikmati.

5.Harga diri adalah seperti pakaian yang kita kenakan agar nampak penting, tetapi pada saat bersama kita harus rendah hati. Tidak ada seorangpun yang mampu menyelesaikan semuanya sendiri, oleh karena itu jangan menjadi sombong, karena suatu saat kita pasti membutuhkan orang lain.

6.Kedudukan atau jabatan apapun selalu diberikan kepada orang yang dapat dipercaya; jadi milikilah sifat bisa dipercaya dan berpegang teguh sifat tersebut.

7.Jangan menganggap remeh diri kita sendiri dan jangan melihat dunia kehidupan dari sudut yang pesimistis. Ingatlah bahwa setiap orang itu dianugerahi kemuliaan dan kemapuan sendiri-sendiri oleh alam yang mengasuh kita. Yang penting adalah kenali alam pribadi kita sendiri secara mendalam dan objektif, kemudian tentukan tujuan hidup dan melangkah secara pasti dengan niatan yang penuh keteguhan hati.

8.Kesungguhan niat hati itu mendorong dedikasi kita terhadap profesi. Kita harus mempunyai kehendak yang kuat untuk berbuat baik sebanyak mungkin, yang bermanfaat bagi lembaga dimana kita mengabdi. Prestasi kedudukan dan kondisi sosial kehidupan manusia itu sendiri adalah produk dari pikirannya. Jadi janganlah malas berpikir dan bekerja keras.

9.Kepada para pemuda para Perwira Muda TNI saya ingatkan disini; bahwa untuk memenangkan karier tidak perlu menjadi penjilat, atau mencari popularitas murahan. Jangan hanya cari titel tetapi menguasai ilmunya , karena masyarakat tidak melihat titel tetapi pada prestasi kerja dan kontribusinya yang positif kepada masyarakat, nusa dan bangsa. Inilah yang dikagumi dan di dengarkan oleh masyarakat.

10.“Penguasaan diri” itu berarti mampu mengendalikan diri nafsu keinginan ego dan gejolak emosianal pribadi terhadap cobaan. Kita harus selalu menggantikan keinginan dengan niat, ego dengan kebesaran jiwa dan menciptakan “Keseimbangan emosi”, karena baik emosi yang positif maupun yang negatif mempunyai pengaruh dan manfaat sendiri. Kehidupan tanpa adanya nafsu keinginan nafsu memang bagaikan padang pasir yang gersang dan membosankan, namun kehidupan yang menjadi budak nafsu keinginan adalah neraka bagi kita. Orang yang telah berhasil menggantikan nafsu keinginan dengan niat adalah orang yang selalu berucap Insya-Allah ketika memulai suatu aktifitas sehari-hari dan menyadari arti sesungguhnya dari kata insya-Allah.

11.Selaraskan selalu dengan kemapuan kita sendiri agar kita berada dijalan yang benar. Ingatlah bahwa “orang yang sukses selalu yakin pada tindakannya dan tidak mudah patah semangat oleh cobaan”. Orang yang pesimis dan jauh dari hati nuraninya kebanyakan sudah berhenti berusaha sebelum mencoba memulainya.

Apapun yang ada di dunia yang fana ini tidak ada yang langgeng, terutama yang menggunakan cara-cara yang tidak lazim. Kebahagiaan hidup itu hanyalah ekspresi dari hati dan pikiran saja; jadi tidak perlu ngotot mencari kekayaan yang berlebihan. Ingatlah bahwa “cukup itu indah dan menyenagkan “ sedangkan apapun yang berlebihan itu akan menjadi beban yang berat dan tidak membahagiakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: