Oleh: kendalisodo | 2 April 2009

RENUNGAN TOLERANSI

sandra dewi• Toleransi berarti mampu memberi maaf dan dapat menerima dengan tulus perbedaan yang ada dalam kehidupan, baik perbedaan pendapat, ras, adat-istiadat maupun agama. Jadi orang yang memiliki toleransi itu pemaaf dan fleksibel, tidak akan memaksakan kehendak dan mapu menerima apa yang benar itu dengan tulus. Untuk mencapai sukses dan hidup rukun kita harus mampu bersikap toleran.

• Binalah tempramen kita sebaik-baiknya dan jangan gila hormat. Apa yang diperoleh melalui keributan adalah permusuhan yang tidak akan memberikan kedamaian hidup. Ingatlah bahwa setiap orang itu memiliki harga diri dan rasa terhormat, jadi dalam keadaan dan kedudukan apapun hormatilah perasaan dan harga diri orang lain, siapapun dia. Orang yang mampu manghargai dan menghormati orang lain adalah orang yang terhormat.

• Keserakahan harta benda dan kedudukan, membuat hidup tanpa kedamaian. Keserakahan membuat orang lupa diri dan hilang rasa malunya. Ingatlah bahwa apa yang dia tanam, itulah yang akan dipetik, dengan demikian setiap perbuatan buruk yang menyengsarakan orang lain, pasti harus dibayar dikemudian hari dalam bentuk kesengsaraan lipatan kali (PASTI!).

• Pikiran manusia yang jahat lebih mampu menghancurkan dan menciptakan malapetaka dari pada senjata, karena senjata itu hanya ciptaan manusia. Contohnya penghancuran terhadap gedung WTC di New York, itu dilakukan tanpa melakukan senjata. Tetapi menggunakan “otak kotor yang cemerlang”. Dengan menyatukan kita agar selalu harmonis dengan suara hati nurani kita, maka dapat kita kembangkan pikiran menjadi arif dan menghasilkan tindakan yang bijaksana.

• Kita tidak akan pernah menyelesaikan suatu perkerjaan yang besar dalam hidup ini, apabila tidak memusatkan perhatian dan niat hati yang mantap kepada profesi kita. Yakinkan diri kita terlebih dahulu bahwa masalah apapun yang dihadapi dapat diatasi, dengan jalan yang jernih dan dengan suasana hati yang tenang dan damai. Suatu prestasi yang besar hanya kita bisa capai apabila didukung oleh keyakinan yang hakkul yakin; karena hati yang bimbang hanya akan menemukan kegagalan saja.

• Langkah kehiduapan yang baik adalah :
– Selalu manggikuti petunjuk suara hati nurani kita, karena hati nurani kita adalah sumber kekuatan positif yang menggarahkan pikiran kita untuk menemukan cara pencapaian pretasi dan serbagai sahabat yang jujur dan terpercaya bagi diri kita.
– Berbuatlah banyak kebaikan dengan tulus ikhlas sebagai wujud dari kasih sayang dan toleransi tehadap siapa saja.
– Berpikirlah yang baik-baik tentang diri sendiri dan jangan pernah mengucapkan hal-hal yang buruk terhadap diri sendiri; karena kita ini adalah produk dari pikiran kita sendiri.
– Jangan suka menghujat agama orang lain, karena semua adalah ciptaan Tuhan YME; jangan pula merusak dan membakar tempat ibadah agama lain, karena hal itu adalah perbuatan biadap.
– Jangan suka iri hati, membenci dan mendedam terhadap keberhasilan orang lain.
– Milikilah segudang toleransi dan pikiran yang jernih terhadap kehidupan ini dengan cara melihat dunia kehidupan dari sudut yang cerah dan menyenangkan.
– Dimanapun berada dan dimanapun kita pergi bersikaplah selalu rendah hati (=low profile), ramah dan selalu siap tersenyum; maka dunia akan menyambut kita dengan ramah pula, yakinlah hal itu.
– Manusia itu sesuai kodratnya berbeda-beda; ada yang lahirnya senpurna ada yang cacat. Apapun keadaannya “jangan suka mengejek apalagi secara keterlaluan”, karena hal itu akan membalas kepada diri pengejek itu sendiri.
– Kalau istri kita jatuh sakit, berikanlah kasih sayang yang lebih besar, karena dia telah memeberiken kepada kita anak dan kebahagaan hidup. Jangan menjadi suami yang sewenang-wenang dan habis manis sepah dibuang. Lalu cari alasan dalih agama untuk kawin lagi, itu berarti kita egaoistis dan sewenag-wenang. Lalu bagaimana kalau giliran kita yang sakit tetap, apakah istri kita boleh kawin lagi ???. Hidup didunia ini Cuma sekali saja, janganlah manusia jahanam yang maunya enak sendiri dan tidak punnya toleransi apalagi kasih sayang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: