Oleh: kendalisodo | 4 April 2009

RENUNGAN KEPEMIMPINAN

chelsea olivia

chelsea olivia

• Pada saat bawahan sedang di pengaruhi oleh pemimpinnya, mereka tidak akan mengikuti apa yang dikatakan pemimpinnya, tapi oleh apa yang disikapi dan dilakukan oleh pemimpinnya. Inilah yang sering dilupukan oleh para pemimpin.

• Sikap yang damai bukan hanya untuk menghadapi orang lain dan lingkungan saja, namun terutama kedalam diri pribadi kita harus ada kedamaian. Bahkan rasa damai di hati kita itu adalah awal dari segala keberhasilan. Seseorang pemimpin tidak akan mengayomi masyarakat, apabila tidak ada rasa tenang dan damai didalam dirinya dan keharmonisan dalam keluarganya. Karena segala sesuatu yang baik dimulai dari dalam hati yang damai dan pikiran yang tenang.

• Setiap perbuatan ( karma ), apakah itu baik atau buruk akan terus melekat pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Oleh karena itu hendaknya kita selalu mempertimbangkan secara matang setiap tindakan kita sebelum berbuat. Bersikaplah selalu ramah dan penuh kedamaian kepada lingkungan dimana kita berada, karena sikap kita itulah yang akan berpengaruh keluar. Sikap pribadi seorang pemimpin itu sangat berpengaruh terhadap lembaga yang dipimpinnya

• Semakin tidak ditonjolkan kepuasan dan keinginan pribadi dari seorang pemimpin, akan semakin efektif kepemimpinannya. Seorang pemimpin yang bijak selalu bersikap netral bila ada masalah persengketaan interen lembaga yang dipimpinnya dan selalu waspada dalam mengambil keputusan dan tindakan, yaitu mendukung yang benar dan menindak yang salah. Dia selalu memperhatikan situasi dan kondisi secara cermat, sebelum menentukan sikap untuk mengambil keputusan, terutama yang besar dan penting sifatnya. Wibawanya akan lebih besar, Karena dia lebih memenfaatkan energinya untuk berpikir yang besar dan pandai memberi petunjuk yang mudah dimengerti oleh para bawahannya.

• Sikap pribadi pemimpin nasional atau daerah dari suatu bangsa harusnya bijaksana, mengayomi dan penuh kasih sayang, yaitu melindungi dan mengayomi semua pemeluk agama yang ada secara bersungguh-sungguh. Bukan hanya dimulut saja.”seolah-olah melindungi”. Sikap ini akan memancarkan pengaruh yang kuat kepada para pembantunya, sehingga mereka tercambuk untuk bekerja baik dan berprestasi. Bangsa Indonesia memang masih mengandalkan contoh keteladanan yang nyata dari para pemimpinnya. Jadi contoh yang baik maupun yang buruk, merupakan panutan bagi pejabat bawahan maupun masyarakat.

• Bukan hanya otak pintar yang membuat seseorang menjadi pemimpin berhasil, namun perilaku pribadi dan sikapnya juga sangat berperan. Oleh karena itu ingatlah bahwa perilaku pribadi pemimpin itu sangat dominan, jadi harus dipersiapkan dengan baik. Seorang pemimpin tidak boleh memihak, tidak emosional; tidak boleh merasa paling tahu dan paling pintar sendiri; harus bisa menerima perbedaan pendapat dan mau mendengarkan saran secara tenang dan sabar; selalu tampak cerah dan tersenyum sehinggaa wajahnya simpatik dan terutama bisa menerima kritik yang membangun tanpa marah atau tersinggung.
• Seorang pemimpin itu harus sadar bahwa sikap lahirianya menggambarkan isi batinnya. Maka seseorang yang tidak memiliki kedamaian batin di dalam dirinya, akan segera nampak pada sikap lahirianya. Kalau pikiran kita sedang kacau, sebaiknya jangan membuat keputusan penting apapun. Karena keputusan seorang pemimpin itu berakibat luas bagi lingkungannya. Seorang pemimpin yang baik, harus bisa menampilkan wajah yang cerah dan penuh keyakinan diri wajah yang cerah dan senyuman seorang pemimpin berpengaruh positif terhadap orang-orang yang di pimpinnya.

• Pemimpin yang kuat adalah mereka yang mampu berpikir, berbicara dengan berbuat selaras dengan hati nuraninya. Sebagai ciri-cirinya adalah ia selalu tampil tenang yakin, serta memancarkan wibawa. Dia tanggap dan responsif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi dan mampu bertindak tepat dengan lincah dan penuh ketenangan.

• Seorang pemimpin yang baik akan mencegah campur dirinya secara lansung, setelah tujuan dan sasaran dimengerti oleh seluruh bawahan dengan jelas. Dia menciptakan suasan kerja yang sehat melalui kekuatan pengaruh dari sikapnya yang tegas, bersih mengayomi. Disini berari bahwa dia mampu mendelegasikan wewenang dan tanggung jawabnya kepada orang-orang yang dinilainya tepat, yang memiliki kemapuan dan dedikasi.

• Dalam memimpin jangan hanya mengandalkan kepandaian saja tanpa danya keharmonidan dan kedamaian di dalam diri kita,karena hal itu akan menyebabkan diri kita mengarah kepada kelicikan dan egoisme. Karena itu upayakan pikiran kita untuk selalu harmonis dengan nurani kita,terutama bila keadaan sedang gawat,maka kita harus mampu tetap tenang serta berpikir jernih. Sebagai pemimpin jangan bersikap angkuh dan egois,menuruti nafsu sendiri,karena sikap seperti itu akan merugikan organisasi secara keseluruhan.

• Seorang pemimpin harus selalu mendahulukan kepentingan yang besar, yaitu Negara dan rakyat. Karena adanya pemimpin adalah atas kehendak dan dukungan dari rakyat. Pemimpin tidak boleh terombang-ambing oleh suasana apapun. Pemimpin yang baik tidak akan menciptakaan suasana adu domba, hanya demi mempertahankan kedudukannya. Pemipin yang baik tidak akan mengobral janji-janji, hanya untul memberikan angin segar yang justru akan menjerumuskan dirinya. Pemimpin yang baik selalu berada di tengah dan bertanggung jawab. memberi penghargaan kepada mereka yang berprestasi dan menghukum mereka yang berkhianat dan merusak, karena pengkhianatan itu adalah sampah.

• Sikap pribadi pemimpin nasional atau daerah dari suatu bangsa harusnya bijaksana, mengayomi dan penuh kasih sayang, tenang dan sabar sesuai jalur alam, yaitu melindungi dan mengayomi semua pemeluk agama, ras, suku dan golongan yang ada secara bersunguh-sunguh. Bukan hanya di mulut saja “seolah-olah melindungi“. Sikap ini akan memancarkan pengaruh yang kuat kepada para pembantunya, sehingga mereka tercambuk untuk bekerja baik dan berprestasi. Bangsa Indonesia memenag masih mengandalkan contoh keteladanan yang nyata dari pemimpinnya. Jadi contoh yang baik maupun yang buruk. Merupakan panutan bagi pejabat bawahan maupaun masyarakat.

• Bukan hanya otak pintar yang membuat sesorang menjadi pemipin yang berhasil, namun perilaku pribadi dan sikapnya juga sangat berperan. Oleh karena itu ingatlah bahwa perilaku pribadi pemimpin itu sangat dominan, jadi harus di persiapkan dengan baik; seorang pemimpin tidak boleh memihak; tidak boleh emosinal; tidak boleh merasa paling tau dan paling pintar sendiri; harus bisa menerima perbedaan pendapat dan mau mendengarkan saran secara tenang dan sabar, selalu tampak cerah dan tersenyum sehingga wajahnya simpatik dan terutama bisa menerima kritik yang membangun tanpa marah atau tersinggung.

• Seorang pemimpin itu harus sadar bahwa sikap lahirianya menggambarkan isi batinnya. Maka seorang yang tidak memiliki kedamayan batin didalam dirinya, akan segera nampak pada sikap lahirianya saja. Kalau pikiran kita sedang kacau, sebaiknya jangan membuat keputusan penting apapun. Karena keputusan seorang pemimpin itu berakibat luas bagi lingkungannya. Seorang pemimpin yang baik, harus bisa menampilkan wajah yang cerah dan penuh keyakinan diri. Wajah yang cerah dan senyuman seorang pemimpin berpengaruh positif terhadap orang-orang yang dipimpinnya.


Responses

  1. kriterianya banyak pak ya! ini agar seorang pemimpin bukan sekedar pemimpin karbitan, iya kan pak?

    salam kenal!

  2. hii. celsi smg kmu sukses main sinetron mlti utk marvel.

  3. Ass…..
    Chelsea pha kbr??? Smga km baik2 ja y…q mnt fs and fm u y…please

    slam kenal

  4. cHelsEa……………….gmna ma Glen?

  5. trimakasih…saya akan berusaha masuk AKMIL

  6. Hi chelsea..q fathur,20th.met knal y..q pnggmr brt u lho..q pgn bgt py ce yg cntk ky u..smp2 q pun ngdptinN,wlau y cumi,cuma mrip.tp q brsykr kok dh py dy..met knl y ..sukses bwt u..C U..

  7. Hai kak chelsea.. Qu tina.. Qu ngefans bnget neyh.. Ama kamu.. Apa lgi ddlm sinetron melati untuk marvel.. Dbls ya kak..

  8. Hai kak chelsea.. Qu tina.. From brunei.. Qu ngefans bnget neyh.. Ama kamu.. Apa lgi ddlm sinetron melati untuk marvel.. Dbls ya kak..

  9. Mbak chelsea, mbak t org y cntk tp syg mbak lw mæn sntrn t trll ngteks. Shrs y mbak t tdk prl trll ngteks gt, pkai ja gy bhs mbak ndiri t mnrt sy lbh baik. Thanks.

  10. you are so perfect i’m from chelsea city

  11. hi…. CElSy mkiN cntiK N suxeX z NEc
    fliM melaTI untk MARVel bguS BGt, ,.,.

  12. dulu aq ngefans Manchester united,tp skrg aq ngfans chelsea.bkn krn ada lampard dan kawan2,tp krn ada melati untuk marfel.sukses y chelsea.?

  13. AeE KakAK CHELsEa Aq nGefAnS bGT lhO mA U
    kLO blH Tau fZNya kaK maRVel tuHAP YaW????????

  14. maKSuD aQ kaK rEzkY aDItya

  15. huiii guyz …
    stlahh lu sm glen.,
    pph lu mshh brhbgn baek am ricky harun ?!@
    0iiaa.,
    sblun’a slm knall iie ..

  16. haiii ka chelsi kakak teman nya ka ayushita ya kakak chelsi dan ka ayu cantikkkk jelita,imut,lhucu lg kakak suka nyanyi lagu bbb bukan bintang biasa dan putus nyambung

    dari:laras

  17. daaaaaaaaaaaaaah kakak cantikkkk

  18. tlong cari tentang film melati untuk marvel

  19. Ka chelsea aq ska bgd film qm yg melati unt marvel..tp ckr jengkelin film ny,gag lucu kya yg dlu2..ckr byk tokoh2 yg jahat..
    Ka aq ngefans m qm..
    Please hubgn aq..
    081904036201

  20. k…… aku ngefans bnget ma ka2…… aq pengen ketemu ma ka2 tp i2 ga mngkin krn aq di sulawesi ka2 di jakarta……..

  21. Hi Gw Fulgencio, orang Timor Leste. Gw sangat terpesona degan lo, coz gw selalu ikutin film lo di Melati untuk Marfel

  22. Hi Gw Fulgencio, orang Timor Leste. Gw sangat terpesona degan lo, coz gw selalu ikutin film lo di Melati untuk Marvel

  23. hii ka chelsea….
    aq bner2 ngefans bgt am k clsea lho…

  24. mampir at mz home zux ntar hanging out tome

  25. Aku sangat suka dan tertarik ama mainan sinetron yang di mainkan oleh Chelsia. Jadi tuk selanjutnya aku nggak bosan-bosan tuk tetap dan tetap fans selamanya.

    Thanks

  26. hi…i Film Marvel tuk Melati memang sangat seru bagi que dari seluruh sinetron Indonesia yang ada, tapi waktunya yang kurang pass karena udah terlalu larutan malam baru ada.

    Please contact +670 7230275 in Timor Leste

    Thanks.

  27. Hallo,kak q adelia!qnak solo.kpn2 mampir y ke solo.q ngefenz bgt lho ma kmu!blz y.slm kenal.

  28. hai. . . . . . . . .
    ka chelci ku mauluna ka ku ngefens bnget ma kaka

  29. oia kaka msh cukul ya ka. . . . . . . .!

  30. kaq aq fans brt kakaq loh.aq naq dpk dan aq srng n,nton marvel untk mlti loh aq fans bgt ma kakaq d blz y kaq

  31. kakaq btw kakaq msh school y

  32. Hai chelsi, gi mn ni kbr nya?
    Btw chelsi cntik bget wlw gmn pun pnampilannya.

  33. haiiiiiiiiiiiii ka chelsea Quuu penggemar berattttttttttt ka chelsea umurku 13 tahun aku sering lohhhhhhhhh lihat SINETRON ka chelsea aku paling suka sinetron
    MENANTI KEAJAIBAN CINTA sinetron nya seruuuuuuuuuuuu buAnget yahhhh saYANG sih sinetron nya udah tamattttttttt ohh ya aku juga suka film ka chelsea yang sumeer breez film nya sedih banget. ka chelsea gimana hubungan kaka sama ka glen?

  34. KAK…CHEL,KPN NI MNCL SINETRON BARUNYA
    AQU PENGEN CIH…KAKAK ITU MAEN SINATRONNYA AMA KAK GLEN YA….DA….?

  35. OH…YA KAK
    KAKAK MAU NGGAK JD TMN CURHAT AQU…?

  36. hlllouuuuuuu………………?

  37. hi kak gmn kbrnya nie,q harap kakak baik2 ja y,,,,o y kapan nje main sinetron bareng ma kak rezky lagi dah kangen buagggggeeeeeeeeettttttttt nie…..o y kak koq kakak jarang muncul di media sich,,,,,gmn jg dgn kabarnya BBB moga2 baik2 ja y ……kak chelsea kapan nie marriednya nie q tunggu undangannya y he…..he……he….ha….ha…..ha (versi mbah surip),sory y kak klw tanyanya tntg maried,,kak bwt sinetron 2M

  38. sory kak td komennya lum selesai,,,,q cm mau blg bwt seosen 2 bwt 2M donk,,,,cinta fitri ja sampai seosen 5,,,,,,jgn mau kalah donk makacich………..

  39. chelsea………. kMu koq cntk bgt chiiiiiiiiii btw melati untuk marvel cpt bgt slsai’a chi……….. tp melati untuk marvel da season 2’a khan, aq tnggu lho snetron’a.. jgn lpa yc,,,,,,?

  40. Kak aku ngefans banget LLLLLLLOOOOOOOOOO SAMA KAKAK SAMPAI BERMIMPI KAKAK.TRS KAKAK TAMBAH CANTIK BNGET.AKU DOAIN SMGA LANCAR SM KAK GLENN AMIEEEEEEEEEENNNNNNNNNN.KAK AKU MINTA NMR TELPON NYA DONK PLISSSSSSSSSS.

  41. hai…………..ka,chelsea ni aku halwa aku fens berat kamu sampe kata mamaku aku mirip banget ma kak chelsea aku dukung banget kak chelsea ma glen alenski smoga kakak langeng ma kka gleen

  42. elo olivia , kok tambah cantik kemarin capek ya habis
    main di happy famile hehehehehehe ?

  43. ka oliv bsa kan kaka jdi tman curht aq????????

  44. Kamis Kliwonan 17 maret 2010 , Kidunagn Joyoboyo oleh R.Sapto dari Kota Gudeg Yogyakarta , terselenggara jam 19.30 di kendalisodo Dusun karangjoho Desa samban Kecamatan Bawen Kab Semarang prop jateng acara tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Paguyuban tri tunggal denga Paguyuban Kendalisodo , peminat bisa hub 081325133777,085085005777 , 087832434144

  45. volly ball maniac
    pertandingan bola voly yg akan diikuti oleh group kesenian , dilaksanakan tgl 4 april 2010 jam 7.30 s/d selesai . Pertandingan dipimpin wasit Pandhito Durno dan Patih sengkuni , penjaga garis Togog bilung dan puno kawan , official berpakaian jawa komplit , menggunakan lapangan volly net tertutup , bola plastik ,
    tempat penyelenggaraan di Senjoyo perbatasan salatiga dan kab smg wilayah kecamatan tengaran ,
    pertandingan ini dikemas dalam sesi hhhhuuuuuumor , wasit bisa dihukum oleh pemain , penonton , penjaga garis bisa dihukum penonton , wasit bisa menghukum penonton, pemain , penjaga garis dan macam macam lagi semua pemain wasit official dan penjaga garis harus bisa joget
    hadiah yang disediakan Kambing untuk juara 1,2,3 ,sporter terheboh akan mendapat doorpres daro rokok wismilak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: